Batas Akhir Pembuatan Soal Mei 2025
Penanggung Jawab : Daroni Ahmad, S.Pd.I
Ketua : Anto Budi Prastiyo, S.Pd
Sekertaris & Bendahara : Ni matu Rohmah
Divisi Arsip dan Penyimpanan Data :
Azzam Mu'tashim Billah
M Irfanuddin
Fitri Nurkumalasari
Divisi Manajemen Krisis :
Erik Indra Kusuma, S.Pd
Rendy Satya, S.Pd
Anggota :
Seluruh Dewan Guru
Peserta didik mampu menghafal surat yang sudah ditentukan, minimal satu syahadah per semester.
Peserta didik mampu melafalkan surat yang dihafal dengan benar sesuai kaidah tajwidnya.
Peserta didik mampu melakukan murojaah atau pengulangan sesudah menghafalnya dengan tekun dan teliti.
Peserta didik sudah memiliki hafalan minimal 2 juz di awal kelas 5 secara dhobit atau mutqin.
Peserta didik mampu menghafal surat ( diisi sesuai kelompok syahadah ) sampai surat ( diisi sesuai kelompok syahadah ) dengan benar sesuai kaidah tajwidnya.
Peserta didik mampu melakukan murojaah atau pengulangan surat yang pernah dihafal dengan tekun dan teliti.
Setiap Hari Senin, Selasa, dan Rabu
Waktu Setelah Istirahat
Pukul 09.50 - 10.50 WIB
Syahadah 1 : Surat Al Fatihah, An-Nas sampai Al Quraisy
Al Fatihah
An Nas
Al Falaq
Al Ikhlas
Al Lahab
An Nashr
Al Kafirun
Al Kautsar
Al Ma’un
Al Quraisy
Syahadah 2 : Surat Al Fil sampai At Tin
Al Fil
Al Humazah
Al ‘Ashr
At Takatsur
Al Qori’ah
Al ‘Adiyat
Al Zalzalah
Al Bayyinah
Al Qodr
Al ‘Alaq
At Tin
Syahadah 3 : Surat Al Insyiroh sampai At Thoriq
Al Insyiroh
Ad Dhuha
Al Lail
As Syams
Al Balad
Al Fajr
Al Ghosiyah
Al A’la
At Thoriq
Syahadah 4 : Surat Al Buruj sampai Al Infithor
Al Buruj
Al Insyiqoq
Al Muthoffifin
Al Infithor
Syahadah 5 : Surat At takwir sampai An naba
At Takwir
‘Abasa
An Nazi’at
An Naba
Syahadah 6 : Surat Al Mursalat sampai Al Muddattsir
Al Mursalat
Al Insan
Al Qiyamah
Al Muddatsir
Syahadah 7 : Surat Al Muzzammil sampai Al Maarij
Al Muzzammil
Al Jin
Nuh
Al Ma'arij
Syahadah 8 : Surat Al Haqqoh Sampai Al Mulk
Al Haqqoh
Al Qolam
Al Mulk
Niat Ikhlas lillahi ta'ala
Wajib membawa Al Qur'an/ Juzz 'Amma dan Alat Tulis dari rumah
Masuk kelas sudah dalam keadaan suci (berwudhu, dan khusyu’ dalam menghafal)
Menjaga adab ketika belajar sedang berlangsung (tidak berbicara kotor, tidak boleh bersuara tinggi, izin ketika ke kamar mandi, tidak menyela ketika guru menjelaskan)
Tidak minum tidak makan kecuali waktu yang disepakati
Bersabar dalam menghafal Al-Qur'an dan mentaati peraturan
A. Senin - Selasa
Target satu semester satu syahadah sudah tersampaikan
Talaqqi (guru membaca, murid mengikuti) minimal 5x per ayat
Guru mengecek bacaan siswa 1 per satu
Jika ada siswa yang belum bisa maka guru mentalaqqi kembali sampai hafal
Jika semua siswa dalam 1 kelompok sudah bisa maka bisa lanjut ke ayat berikutnya
Guru bisa memberikan tugas tambahan kepada siswa yang tertinggal
Guru memberi catatan di buku tulis, sesuai dengan batas hafalanya
B. Rabu
Murojaah Bersama ( Membaca surat yang sudah dihafalkan dari syahadah 1 dan seterusnya)
Murojaah Sendiri ( Membaca dan menyetorkan hafalan surat yang dihafalkan di hari senin dan selasa )
Murojaah Sambung ayat per 1 bulan sekali pekan ke 4
Guru Pengampu :
Al Qur'an
Pedoman Mengajar
Lembar Penilaian
Siswa :
Al Qur'an atau Juzz Amma
Alat Tulis
Note :
Jika ada siswa yang melebihi target, maka guru boleh menyimak hafalan siswa tersebut
jika ada siswa yg tidak hadir, guru bisa memberi tugas tambahan, untuk materi tetap lanjut ke ayat selanjutnya.
wisuda tahfidz khusus bagi yang sudah menyelesaikan 1 atau 2 juz
Kenaikan level hanya setiap akhir semester
Khusus kelas 6 bisa diberi waktu lebih untuk setoran
A. Standar Kenaikan Syahadah
Siswa sudah mampu melafalkan surat-surat yang ada di syahadahnya
Kesalahan Makhroj Huruf masih di toleransi
Dalam melafalkan ayat, siswa mampu membedakan huruf hijaiyyah
Kesalahan pada panjang pendek tidak ada toleransi, dihitung salah
Jika anak lupa di awal ayat, maka tetap dihitung salah
Siswa dikatakan lulus ketika bisa menguasai 75% dari surat yang dihafal (rincian lihat disini)
B. Teknis Ujian Syahadah
Penguji syahadah adalah guru pengampu di masing-masing kelompok
Siswa harus menyetorkan semua surat sesuai syahadahnya, secara berurutan
Penguji boleh memberi tahu nama surat setelahnya
Penguji mengutamakan semua siswa dari kelompoknya untuk menyelesaikan setoran surat di syahadahnya
jika siswa memiliki hafalan melewati syahadanya, disimak ketika semua anak dalam kelompok sudah setoran